Butuh Rp150 T untuk Kembangkan Suramadu

Posted by Juhur Jurkanaen Selasa, 21 Mei 2013 0 komentar
Jembatan Suramadu.
Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura), setelah beroperasi selama empat tahun hingga saat ini dinilai belum maksimal mendongkrak perekonomian kawasan di sekitarnya, terutama di sisi Madura.

Deputi Pengendalian Badan Pengembangan Wilayah Suramadu, Agus Wahyudi dalam siaran persnya, Selasa 21 Mei 2013, mengatakan pihaknya memperkirakan butuh Rp150 triliun untuk mengembangkan wilayah ini.

"Nantinya, akan dibangun kawasan perdagangan dan jasa, pelabuhan, kawasan industri, sarana jalan tol, dan pemukiman sekitar," ujarnya.

Agus menambahkan, pihaknya merencanakan percepatan pengembangan mencapai delapan persen pada 2024, yakni dengan membangun kaki jembatan
Suramadu seluas 250 hektare di Surabaya dan 600 hektare di wilayah Madura yang akan dibangun menjadi beberapa kawasan.

Ia melanjutkan, di Madura juga akan dibangun pelabuhan peti kemas di atas lahan seluas 600 hektare.

Sedangkan dari total dana yang dibutuhkan, Agus mengungkapkan, hanya sebagian kecil saja yang akan menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja dan Negara karena swasta akan lebih berperan.

Pemerintah, menurutnya, tahun ini memberikan anggaran untuk membangun kawasan Madura senilai Rp390 miliar. Sedangkan untuk perawatan jembatan, pemerintah menganggarkan Rp600 triliun.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman